Sarang Semut dari Papua
Dilansir dari bobo.grid.id, Myrmecodia pendans adalah nama latin dari tumbuhan sarang semut.
Sebenarnya, ada banyak sarang semut yang tumbuh di berbagai tempat, seperti Malaysia, Filipina, Kalimantan, dan Papua.
Namun, yang paling terkenal adalah Myrmrcodia pendans dari Papua, karena paling banyak manfaatnya. Salah satunya sebagai obat anti-kanker.
Sarang semut tumbuh subur di Papua, karena sebagian besar daerahnya dataran tinggi, daerah yang disukai sarang semut.
Sarang semut ini punya banyak julukan. Ada yang menyebutnya sermut atau sarmut. Ada juga yang menyebutnya benalu hutan. Namun, sebagian warga Papua menamainya nongon.

Batang yang Membesar
Sarang semut termasuk tumbuhan epifit, yaitu hidup menumpang pada tumbuhan lain. Sarang semut tumbuh membesar (menggelembung).
Di dalamnya terdapat banyak rongga kecil yang bercabang-cabang. Di rongga inilah, semut-semut hitam tinggal dan beraktivitas.

Obat
Sebelum dijadikan obat, sarang semut  harus diiris tipis-tipis lebih dulu. Setelah itu, dijemur selama beberapa hari sampai kering.
Kalau sudah, kita bisa mengambil seperlunya dan merebusnya. Kalau air rebusannya sudah berubah warna kecokelatan, rebusan bisa dihentikan dan airnya bisa kita minum.
Sarang semut  ini banyak dijual. Ada yang menjualnya dalam keadaan siap direbus, ada juga yang menjualnya dalam keadaan utuh. (Willa Widiana)

PibiPibo

Manfaat Sarang Semut Untuk Kesehatan

1. Mengobati Penyakit Jantung
Salah satu organ intim tubuh yang begitu rawan dengan serangan berbagai penyakit adalah jantung. Dari organ inilah berbagai penyakit berbahaya dapat muncul, seperti hipertensi, stroke, jantung koroner dan masih banyak lainnya.
Akan tetapi, dengan kandungan mineral, kalium dan kalsium yang tinggi pada sarang semut ternyata mampu menangani berbagai gejala penyakit jantung, seperti jantung koroner.

2. Menangani Kanker
Membicarakan kanker, nampaknya tak ada jenis penyakit yang lebih ganas dari penyakit yang satu ini bukan? Ya, berbagai jenis kanker dapat menyerang setiap bagian tubuh anda, mulai dari kanker darah, kanker payudara, kanker paru-paru dan masih banyak lainnya.
Biasanya, penyakit kanker ini akan muncul secara bertahap, dimana tahapan lanjut yaitu disebabkan karena pertumbuhan sel kanker yang sudah semakin menyebar.
Nah dengan mengonsumsi obat alternatif yang mengandung sarang semut, telah terbukti sel kanker tersebut mampu diatasi dengan efektif dan tanpa efek samping. Dan beberapa jenis kanker yang dapat diatasi menggunakan sarang semut antara lain adalah kanker usu, kanker rahim, kanker kulit, kanker paru, kanker prostat, dan kanker darah.

3. Benjolan pada Payudara
Ini juga merupakan manfaat sarang semut yang tidak kalah pentingnya. Sebagai seorang wanita, sudah sewajarnya jika terdapat benjolan di area intim seperti payudara menjadi hal yang begitu menakutkan. Bagaimana tidak, umumnya benjolan ini merupakan satu gejala munculnya tumor ataupun kanker payudara.
Benjolan pada payudara ini sendiri merupakan sebuah cairan. Namun dengan kandungan flavonoid yang terdapat pada sarang semut, benjolan pada payudara ini bisa teratasi dengan tahapan waktu yang bisa dibilang singkat.

4. Mengatasi Ambien
Meskipun tidak mematikan, namun penyakit yang terdapat pada area dubur ini sangatlah mengganggu. Bahkan pada beberapa penderita, penyakit ambien ini bisa memicu munculnya penyakit lain yang lebih berbahaya.
Untuk itulah, pengobatan penyakit ambien ataupun wasir harus dilakukan dengan tepat dan cepat. Yang salah satunya yaitu menggunakan obat herbal dari sarang semut.

5. Melancarkan Haid
Bagi seorang wanita, kesuburan organ reproduksi dapat tergambar salah satunya yaitu dari lancarnya haid. Nah disini sarang semut pun dapat membantu anda mengatasi masalah haid tidak teratur dan tidak lancar.
Tak hanya itu, manfaat sarang semut lainnya untuk organ reproduksi wanita yaitu dapat membantu mengatasi keputihan berlebih.

6. Mengobati Rematik
Salah satu penyakit yang sering kali menyerang orang dengan usia lanjut yaitu rematik. Pada dasarnya, penyakit ini pun dapat menyerang mereka yang masih dalam usia produktif, hanya saja kemungkinan pada orang lanjut usia jauh lebih besar.
Nah dengan kandungan flavonoid yang dapat menjadi inhibitior enzim xanthine dan antioksidan juga tokoferol sebagai antioksidan dan multimineral yang terdapat pada sarang semut, terbukti tanaman ini mampu mengatasi penyakit rematik dengan cepat.

7. Meningkatkan Imunitas
Untuk menjaga tubuh dari serangan virus luar, tentu tubuh harus memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Dan salah satu cara untuk menjaga serta meningkatkan sistem imunitas tubuh yaitu dengan banyak mengonsumsi herbal sarang semut.

8. Sebagai Antibiotik
Selain sebagai sumber antioksidan yang cukup tinggi, sarang semut juga bermanfaat sebagai antibiotik tubuh. Oleh karena itu tak heran jika sarang semut dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan serangan bakteri.

9. Membantu Metabolisme
Bukan hanya bermanfaat untuk organ-organ intim tubuh, namun manfaat sarang semut lainnya pun dapat anda sarankan pada proses metabolisme tubuh. Dimana kandungan pada sarang semut telah terbukti mampu meningkatkan metabolisme tubuh dengan baik dan maksimal.

10. Menyeimbangkan Insulin
Selain imunitas tubuh yang perlu anda jaga dengan baik, kadar insulin pada tubuh pun sangat dibutuhkan. Hanya saja, untuk menjaga kadar insulin agar tetap pada posisi normal nampaknya sedikit lebih sulit.
Dan karenanya lah anda bisa mengonsumsi sarang semut sebagai penyeimbang insulin tubuh.

11. Menyembuhkan Luka
Bagi anda yang pernah atau setelah mengalami kecelakaan yang menyebabkan banyak luka luar, nampaknya sarang semut akan menjadi obat yang kuat. Sebab dari tanaman ini banyak kandungan gizi yang terbukti dapat menyembuhkan luka.

12. Pembentukan Energi
Ketika seseorang melakukan kegiatan fisik yang berat, tentu energi yang dibutuhkan akan begitu besar. namun tak perlu ragu karena mulai saat ini anda mendapatkan cadangan energi jauh lebih maksimal meskipun dengan asupan porsi makanan yang sama.
Hal ini bisa terjadi karena kandungan pada sarang semut terbukti mampu memaksimalkan penyerapan kalsium pada tubuh dan mampu membentuk energi yang jauh lebih besar.

13. Menghentikan Pendarahan
Seseorang yang mengalami pendarahan hebat sering kali akhirnya bernasib malang. Terlebih lagi jika terjadi pendarahan dalam, terutama pada area kepala.
Biasanya pendarahan akibat sayatan atau benda berbahaya lain ini akan terhenti ketika selurh darah kotor akibat tempelan benda tersebut sudah terbuang.

14. Memicu Penyerapan Kalsium
Untuk anda yang sedang dalam masa pertumbuhan, kalsium menjadi satu zat penting yang harus terpenuhi tubuh. Dimana kalsium akan dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, sehingga pertumbuhan tinggi dan kekuatan tubuh tak akan terganggu.
Nah dengan sarang semut inilah anda dapat memaksimalkan penyerapan kalsium dari makanan yang anda konsumsi.
Untuk mendapatkan manfaat sarang semut tersebut secara maksimal, pastikan anda mengonsumsinya rajin setiap hari. Dan jika anda tidak mengetahui bagaimana cara pengolahan sarang semut secara lengkap, saat ini anda pun sudah bisa mendapatkan kapsul atau produk berbahan dasar sarang semut dengan mudahnya.

Sumber :
manado.tribunnews.com
manjadda.com